WORKSHOP WEB DESAIN | GENERASI DIGITAL MENGASAH SKILL DAN MENTAL |

0



Website dapat menyajikan berbagai informasi mengenai profil perusahaan, profil lembaga pendidikan dan lain-lain. Selain itu website juga biasa dijadikan sebagai media promosi yang hemat sekaligus menampilkan
profesionalitas. Sehingga dibutuhkan profesi web desain untuk membangun website yang interaktif dan menarik. Artinya, bahwa terdapat sebuah peluang pekerjaan. Namun banyak sekolah yang belum menyiapkan bekal siswa-siswinya ilmu tentang web desain tersebut.

Karena kondisi tersebut, OSIS MA Sunniyyah Selo Tawangharjo pada tahun pelajaran 2022/2023 ini membuat program kegiatan Workshop Web Desain. Ketua OSIS MA Sunniyyah Selo, Bichubbil Ilmi Atifa menggandeng/bekerja sama dengan LKP. Wahana Prestasi Panunggalan, Pulokulon Untuk merealisasikan program tersebut dengan tajuk “Generasi Digital Mengasah Skill dan Mental”

Disaat libur sekolah, Jum’at (10/03/2023), Pengurus OSIS mengikursertakan pengurus organisasi PMR, Pramuka, PKS dan IPNU-PPNU dalam kegiatan Workshop Web Desain di Gedung Lt. III, Aula MA Suniyyah Selo Tawangharjo.

Didampingi oleh Pembina OSIS, Ibu Ira Fitria Kusumawanti, S.Pd, Waka Kesiswaaan, Bapak Sugito S.Pd mewakili Kepala Madrasah membuka kegiatan Workshop. Kepala Madrasah, Bapak Bina Anshori, S.Ag, M.SI berhalangan hadir karena ada kegiatan lain yang tidak dapat diwakilkan.

Selanjutnya Pemateri dari LKP. Wahana Prestasi, Nur Faizin, S.Pd yang ternyata juga Alumni Sunniyyah Selo tahun 1997 ini menjelaskan pentingnya Keterampilan bidang IT, dalam hal ini Web Desain bagi generasi muda milenial.

Metode yang digunakan dalam Workshop ini dengan memberikan langsung materi kepada peserta menggunakan perangkat laptop dan Handphone Android yang terkoneksi jaringan internet. Untuk pencapain tujuan tersebut maka kegiatan dilakukan secara langsung.

Pemateri Nur Faizin, S.Pd yang akrab dipanggil Bang Jin ini memaparkan materi Web Desain. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait dan dihubungkan dengan banyak link. Halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.

Diakhir kegiatan, para peserta menyimpulkan bahwa ternyata mendesain web itu mudah. Hanya perlu memanfaatkan menu – menu  yang disediakan oleh CMS dan melakukan editing dibeberapa elemen yang dibutuhkan, maka tampilan sederhana sebuah website sudah bisa ditampilkan. Sedangkan untuk menyempurnakannya diperlukan praktek berulang-ulang dan memahami kode-kode HTML. Jiwa Kreatifitas juga sangat berperan disini.

Kumpulan Tema Gratis, silahkan Klik UNDUH FREE TEMPLATE BLOGGER

Post a Comment

0Comments

Terima Telah Berkunjung

Post a Comment (0)