Pengaturan Tampilan Website Wordpress

0

Untuk mengubah tampilan website pada Dashboard Wordpress, silahkan Klik fitur Appearance (Tampilan) yang terletak di sebelah kiri. Pada fitur tersebut terdapat beberapa elemen antara lain ThemesCustomizeWidgets, dan Menus.

THEMES
Themes (Tema ) adalah fitur / menu untuk mengatur tampilan tema website.

Pengaturan Tema
  • Klik Appearance > Themes, maka akan muncul tampilan layar seperti gambar berikut :
Wordpress telah menyediakan beberapa tema gratis

  • Klik Salah Satu Tema > Klik Activate ( untuk menggunakan / mengaktifkan tema) > Klik Live Preview (untuk melihat tampilan langsung) >Klik Delete (untuk menghapus jika tema telah terpasang)

CUSTOMIZE
Customize adalah fitur untuk melakukan editing atau modifikasi elemen-elemen website yaitu mengatur, mengedit, dan menyesuaikan dengan kebutuhan dari mulai pewarnaan, posisi, gambar dan tulisan harus diatur agar sesuai dengan yang kita inginkan setelah penerapan / pengaktifkan tema. Untuk menjalankan hal tersebut pilih menu  Appearance >Customize, Sehingga akan muncul sidebar yang memuat beberapa elemen untuk kustomisasi secara umum elemen wordpress dan beberapa elemen khusus sesuai dengan tema yang aktif.
Setelah melakukan editing modifikasi elemen-elemen, untuk penyimpanan / pengaktifan hasil Klik Publish

Widget
Widget merupakan sebuah aplikasi berupa blok yang terletak di sisi website. Terdapat berbagai macam Widgets sesuai dengan fungsi dan tampilannya masing-masing. Widget juga berfungsi untuk memperindah tampilan website. Selain itu, widget yang berfungsi sebagai navigasi yang memudahkan pembaca menuju halaman tertentu. 

Untuk menambahkan widget buka halaman widgets dengan cara :
  • Klik pada menu Appearance >Widgets. Akan tampil halaman Widgets yang tersedia. 

  • Drag atau geser & drop widget pilihan ke dalam sidebar.
  • Untuk mengatur Widget, cukup dengan klik panah kecil di pinggir kanan masing-masing  tampil Delete



Post a Comment

0Comments

Terima Telah Berkunjung

Post a Comment (0)