Begini Cara Gabung Beberapa Sheet Excel

0

Gabung Beberapa Sheet Excel – Kadangkali dalam kegiatan pembuatan data dituntut untuk menggabungkan data beberapa sheet menjadi satu sheet, namun beberapa operator komputer yang belum tahu caranya. Ada memang cara manual untuk menggabungkan beberapa sheet file excel tersebut dengan copy paste manual, namun akan menambah waktu pengerjaan jika banyak sheet. Kalau jumlah sheet dan kontennya sedikit mungkin tidak begitu masalah.

Berikut adalah cara penggabungan beberapa sheet excel menjadi satu sheet dengan metode Macro. Begini caranya menggabungkan beberapa sheet excel dalam satu file. 
  • Buka file excel yang sheet nya ingin di gabungkan (contoh: saya memiliki file excel dengan 3 sheet yang akan digabung: sheet1, sheet2 dan sheet3).
  • Pada ribbon, klik "Developer" -> View Code -> klik kanan "This Workbook" -> import file "frmMergeSheets.frmSILAHKAN SEDOT DISINI (Jika opsi Developer tidak ada, maka lakukan langkah yang akan dijelaskan dibawah). - download file frm tersebut.
  • Copy  Kode berikut, Paste di area ThisWorkbook
Sub Mergesheet()
frmMergeSheets.Show
End Sub
  •  Run (F5), pilih sheet yang ingin di gabung, MERGE!
Begitulah cara cepat, praktis dan akurat untuk menggabungkan data excel beberapa sheet dalam satu sheet. Harus diperhatikan adalah, pastikan semua sheet memiliki struktur colom yang sama, supaya rapi. untuk yang di program MS Excel nya tidak ada opsi Developer di menu ribbon nya, begini caranya untuk memunculkan menu developer:
  • Klik "Microsoft Office Button" (ALT + F)
  • Chose "Popular" -> Show Developer in the ribbon
  • OK


Post a Comment

0Comments

Terima Telah Berkunjung

Post a Comment (0)