Mengenal Istilah terkait Covid-19

0
Maraknya pemberitaan ataupun informasi terkait Covid-19 sampai saat ini, ada beberapa istilah yang banyak orang mendengar, membaca istilah tersebut, namun banyak yang belum tahu atau belum memahami istilah-istilah tersebut. ketidaktahuan tersebut wajar,  jika banyak orang yang bingung dan bertanya-tanya. Berdasarkan hal tersebut, kami sampaikan arti istilah-istilah terkait Covid-19, seperti ODP, PDP, dan OTG sebagai berikut:

1. Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Sumber gambar : Kemenkes RI
ODP merupakan orang yang sempat bepergian ke negara atau daerah lain yang merupakan pusat penyebaran virus corona. Selain itu, seseorang yang pernah berkontak langsung dengan orang atau pasien positif corona juga dapat dikatakan sebagai ODP.
Orang-orang yang berstatus ODP biasanya belum menunjukkan gejala sakit / Gejala Klinis Covid-19 : Demam, Batuk, Pilek, Gangguan Pernafasan, Sakit Tenggorokan dan Letih/Lesu.

2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)
Sumber gambar : Kemenkes RI
Apabila orang berstatus ODP mengalami keluhan gejala klinis / Gejala Sakit, orang tersebut akan langsung mendapatkan perawatan medis di ruang isolasi. Dalam hal ini, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah orang yang masuk dalam kategori sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) Selanjutnya, PDP akan dipantau kembali dengan teliti apakah orang tersebut memiliki riwayat kontak dengan orang positif COVID-19 atau tidak.

3. Orang Tanpa Gejala (OTG
Sumber gambar : Kemenkes RI
Selain ODP dan PDP, istilah yang berkaitan dengan situasi virus corona ini yaitu Orang Tanpa Gejala (OTG). OTG adalah orang-orang yang terinfeksi Covid-19, namun tidak menunjukkan Gejala Klinis Covid-19Meskipun tidak menujukkan keluhan sakit, OTG dapat menularkan COVID-19 ke orang lain.

Biasanya OTG adalah orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Biasanya orang tanpa gejala ini pernah melakukan kontak fisik atau berada dalam jarak dekat (kurang dari 1 m) dari PDP atau orang positif covid-19. Karena OTG pada awalnya memang tidak menunjukkan gejala, akan tetapi ada juga yang selang beberapa hari akan menunjukkan gejala klinis,setelah itu status akan dinaikkan menjadi ODP atau PDP

Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0Comments

Terima Telah Berkunjung

Post a Comment (0)