Gabung Beberapa Sheet Excel – Kadangkali dalam kegiatan pembuatan data
dituntut untuk menggabungkan data beberapa sheet menjadi satu sheet, namun beberapa
operator komputer yang belum tahu caranya. Ada memang cara manual untuk
menggabungkan beberapa sheet file excel tersebut dengan copy paste manual,
namun akan menambah waktu pengerjaan jika banyak sheet. Kalau jumlah sheet dan
kontennya sedikit mungkin tidak begitu masalah.
Berikut
adalah cara penggabungan beberapa sheet excel menjadi satu sheet dengan metode Macro. Begini caranya
menggabungkan beberapa sheet excel dalam satu file.
- Buka file excel yang sheet nya ingin di
gabungkan (contoh: saya memiliki file excel dengan 3 sheet yang akan
digabung: sheet1, sheet2 dan sheet3).
- Pada ribbon, klik "Developer" -> View
Code -> klik kanan "This
Workbook" -> import file "frmMergeSheets.frm" SILAHKAN SEDOT DISINI (Jika
opsi Developer tidak ada, maka lakukan langkah yang akan dijelaskan
dibawah). - download file frm tersebut.
- Copy Kode berikut, Paste di area
ThisWorkbook :
Sub
Mergesheet()
frmMergeSheets.Show
End Sub
- Run (F5), pilih sheet yang ingin di gabung, MERGE!
Begitulah
cara cepat, praktis dan akurat untuk menggabungkan data excel beberapa sheet
dalam satu sheet. Harus diperhatikan adalah, pastikan semua sheet memiliki
struktur colom yang sama, supaya rapi. untuk yang di program MS Excel nya tidak
ada opsi Developer di menu ribbon nya, begini caranya untuk memunculkan menu
developer:
- Klik "Microsoft Office
Button" (ALT + F)
- Chose
"Popular" -> Show Developer in the ribbon
- OK
Terima Telah Berkunjung